Kejadian 5 Januari

1477 Pertempuran Nancy, Burgundy vs Swiss, 7.000 + tewas termasuk pemimpin mereka Charles Duke of Burgundy.

1781 Ekspedisi angkatan laut Inggris yang dipimpin oleh Benedict Arnold membakar Richmond, Virginia.

1919 Partai Buruh Jerman terbentuk, pendahulu Partai Pekerja Sosialis Nasional Jerman (Nazi).

1930 Mao Zedong menulis “A Single Spark Can Start a Prairie Fire”.

1949 Presiden AS Harry Truman memberi label pada pemerintahannya “Kesepakatan yang Adil”.

1933 “Cavalcade” berdasarkan drama oleh Noël Coward, disutradarai oleh Frank Lloyd dan dibintangi oleh Diana Wynyard dan Clive Brook tayang perdana di New York (Produksi / Gambar Terbaik 1934).

1649 Opera Francesco Cavalli “Giasone” tayang perdana di Venesia (opera paling populer abad ke-17).

1993 Brian Lara mencetak skor ujian perdananya, 277 berlari Hindia Barat v Australia pada kriket di Sydney Cricket Ground.

5 Januari 1855 – Pelopor pisau cukur keselamatan King Camp Gillette, yang lahir pada hari ini, mungkin telah menghasilkan jutaan dari bisnisnya tetapi dia adalah seorang Sosialis Utopis.
Dia memimpikan hari ketika semua industri akan diambil alih oleh satu perusahaan yang dimiliki oleh publik, dan bahwa setiap orang di Amerika Serikat akan tinggal di kota raksasa bernama Metropolis yang didukung oleh Air Terjun Niagara.
Gillette membayangkan mendirikan sebuah perusahaan untuk mewujudkan visi ini, dan menawarkan Theodore Roosevelt satu juta dolar jika dia mau menjalankan operasi tersebut. Mantan Presiden menolak.
Nenek moyang King Camp Gillette adalah orang-orang Huguenot Prancis yang pindah ke Inggris, kemudian pada abad ke-17 ke Koloni Teluk Massachusetts yang baru didirikan.
Setelah King lahir pada tahun 1855, keluarganya pindah dari Wisconsin, tempat mereka menetap, ke Chicago, tempat dia dibesarkan.
Dia menjadi seorang penjual keliling perangkat keras dan pada tahun 1895, sambil mengasah pisau cukur “potong tenggorokan” sehingga dia bisa bercukur sebelum mulai bekerja.
Dia berpikir betapa lebih baik menghindari tugas sehari-hari yang berbahaya dan membosankan ini dengan menggunakan pisau cukur yang bisa diganti.
Pria telah bergumul dengan masalah ini selama berabad-abad.
Gambar gua prasejarah menunjukkan bahwa cangkang kerang, batu tajam, dan bahkan gigi hiu telah digunakan untuk mencukur.
Ide Gillette lebih canggih, meskipun itu bukan hal baru.
Pisau cukur keselamatan pertama, sebenarnya ditemukan pada tahun 1880-an oleh Kampfe Bersaudara di New York.
Dan seperti yang dicatat oleh penulis Brennan Kilbane dari majalah Allure: “Gillette tidak menemukan pisau cukur, atau pisau cukur pengaman, atau konsep pisau sekali pakai, tetapi dia orang pertama yang mematenkannya”.
Warisan ekonominya paling baik dirasakan adalah menghangatkan wajah Anda ketika Anda menyadari set silet $ 22 Anda mengharuskan Anda untuk terus membeli kembali delapan paket isi ulang senilai $ 36.
Ini semua berasal dari nasihat yang diberikan kepada pengusaha muda Gillette, oleh seorang pemberi kerja: “Ciptakan sesuatu yang akan digunakan dan dibuang sehingga pelanggan akan terus datang kembali.”
Pisau sekali pakai Gillette menciptakan konsep ritel baru dan menguntungkan.
Dimana pisau cukur dijual cukup murah sehingga konsumen akan terkunci pada kebutuhan untuk terus membeli pisau yang relatif mahal.
Teknik penjualan kemudian dikenal sebagai ‘model pisau cukur’ dan mungkin paling terkait saat ini dengan pasar printer dan tinta.
Pada tahun pertama perdagangannya pada tahun 1903, Gillette Safety Razor Company menjual 51 pisau cukur dan 168 bilah pisau.
Pada akhir tahun 1904, telah menghasilkan 90.000 pisau cukur dan 12.400.000 pisau.
Strategi penjualan inovatif Gillette – menjual pisau cukur dengan kerugian tetapi menghasilkan untung dari pisau – akan mengubahnya menjadi multi-jutawan.
King Camp Gillette yang sangat kaya meninggal pada tahun 1932, dalam usia 77 tahun.
Saat ini, merek Gillette yang sangat sukses dimiliki oleh perusahaan Procter & Gamble.
Perusahaan multi-nasional yang berbasis di AS, yang membeli bisnis tersebut pada tahun 2005, dengan harga yang mengejutkan sebesar $ 57 miliar.

diterjemahkan dari : https://www.onthisday.com/articles/gillette-the-billionaire-shaving-pioneer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.